Jumat, 27 Februari 2009

INSTALASI KABEL UTP



Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik.


Konektor RJ-45:


INSTALASI KABEL UTP

I. PETUNJUK

1. Pastikan tersedia konektor RJ45 dan tang crimping.

2. Pastikan kabel UTP tidak putus, bila perlu cek kembali dengan LAN Tester.

II. TUTORIAL

1. Siapkan kabel UTP dengan ukuran tertentu sesuai kebutuhan. Buka pelindung di kedua ujung kabel sehingga tampak 4 pasangan (8 kabel) yan dipilih. Perhatikan, ujung setiap pasangan kabel tidak perlu dikupas, cukup potong agar 8 ujung kabel rata. Ujung yang tidak rata dapat mengakibatkan salah satu kabel tidak terkoneksi saat dihubungkan ke konektor RJ-45.

2. Luruskan lilitan di ujung setiap pasangan kabel, lalu urutkan warna pasangan kabel sebagai berikut, biru dan biru putih, orang dan orane putih, hijau dan hijau putih, coklat dan coklat putih.

3. Siapkan alat krimper dan konektor RJ-45. Perhatikan, konektor RJ-45 berbentuk kotak 8 pin. Pegang konektor dengan posisi pin menghadap ke atas. Masukan ujung kedelapan kabel ke dalam RJ-45 dengan memperhatikan urutan warnanya.

4. Pastikan setiap ujung kabel menyentuh ujung konektor dan kabel masih dalam urutan warna yang benar. Ulangi langkah 3 jika belum yakin. Jika sudah benar, tempatkan konektor ke alat krimper, lalu tekanlah krimper untuk menjepit mata kabel. Selain memasangkan kabel pada konektor, krimper juga sekaligus mengupas kulit kedelapan kabel saat dilakukan penekanan.

5. Setelah pemasanan RJ-45 di kedua ujung kabel selesai, gunakan kabel tester untuk memeriksa apakah kabel sudah terhubung dengan benar. Jika tidak ada masalah koneksi, maka kabel jaringan siap digunakan.

Urutan

Susunan Awal

Straight

Crossover

1

Putih Orange

Putih Orange

Putih Hijau

2

Orange

Orange

Hijau

3

Putih Hijau

Putih Hijau

Putih Orange

4

Biru

Biru

Biru

5

Putih Biru

Putih Biru

Putih Biru

6

Hijau

Hijau

Orange

7

Putih Coklat

Putih Coklat

Putih Coklat

8

Coklat

Coklat

Coklat

Tidak ada komentar: